Minggu, 21 November 2010

Posisi-Posisi Tidur Yang Bikin Nyenyak

Kunci tidur yang nyenyak adalah posisi yang netral. Dalam hal ini, netral berarti posisi dimana tulang belakang Anda berada pada bentuk yang seharusnya.

Posisi tulang belakang yang benar adalah tulang leher dan tulang punggung bawah sejajar, sedangkan pada tulang punggung tengah melengkung. Jika sulit membayangkannya, cukup berdiri tegap dengan membusungkan dada, seperti itulah posisi netral tulang punggung Anda.


tidur

Hal inilah yang menyebabkan kebanyakan produsen matras berlomba-lomba untuk menciptakan matras yang sempurna agar tulang belakang selaras saat tidur dan bebas stress. Untuk mendapatkan posisi yang benar saat tidur, berikut ini tips agar tulang belakang Anda dalam posisi netral saat tidur sesuai kebiasaan tidur Anda :

Tidur terlentang
Jika Anda memiliki sakit punggung, letakkanlah bantal kecil yang rata di bawah kaki. Hal ini bisa membantu punggung membentuk postur yang natural.

Tidur menghadap samping
Menyelipkan guling di antara kedua kaki bisa melepas tekanan pada pinggul.

Tidur tengkurap
Posisi ini sebenarnya merupakan posisi yang kurang baik untuk tidur karena akan menekan organ tubuh seperti paru-paru sehingga sulit memompa udara. Namun jika Anda terbiasa tidur dengan posisi ini, maka letakkanlah bantal di bawah perut untuk menjaga tulang belakang pada posisi yang natural.

http://lintasberitaonline.blogspot.com/2010/10/posisi-posisi-tidur-yang-bikin-nyenyak.html

lintasberita
 

Follow My Instagram

@ahmadyusri