Senin, 01 November 2010

Mengapa Wanita Suka Belanja?

Jika ditanya apa hobi perempuan, hal pertama yang ada dalam benak seseorang adalah belanja. Untuk kegiatan yang satu ini, perempuan mana yang tak suka. Apalagi ternyata hormon belanja memang ada. Benarkah?

Dalam sebuah riset, terbukti bahwa periode bulanan perempuanlah yang mendorong hormon belanja itu. Sejumlah psikolog mengatakan hal itu mungkin merupakan cara perempuan untuk menghadapi emosi negatif dari hormon premenstruasi.
Riset itu dilakukan oleh seorang dosen British Psychological Society, Professor Karen Pine yang dilansir BBC, Rabu (1/4). Ia meneliti sekitar 443 prempuan berusia antara 18-50 untuk meneliti kebiasaan belanja mereka.
Sepertiga jumlah itu atau 153 perempuan pada fase akhir menstruasi (luteal) mengaku membeli sesuatu secara impulsif. Lebih dari setengah jumlah itu menyatakan mereka menghabiskan 25 poundsterling (hampir Rp 500 ribu) sekali berbelanja.
Sebagian lainnya bahkan menghabiskan lebih dari 250 poundsterling (lebih dari Rp 5 juta). Setelah berbelanja, ternyata sebagian besar menyesali telah melakukannya. Pine mengatakan dorongan itu sangat besar dan sulit dikendalikan bagi perempuan pada fase luteal.
"Kegiatan berbelanja ini seringkali hasil dari emosi yang intens. Perempuan merasa stres dan depresi, sehingga mereka memilih belanja untuk menghibur diri. Belanja digunakan sebagai media untuk mengatur emosi mereka," tuturnya.
Alasan lainnya, perempuan mungkin berbelanja untuk membuat diri mereka menarik. Kebetulan, ketika itu mereka memang sedang dalam masa subur, yang biasanya terjadi 14 hari sebelum periode menstruasi dimulai.
Beberapa benda yang mereka belanjakan biasanya perhiasan, perlengkapan tata rias, dan sepatu hak tinggi. Pine juga menyimpulkan perempuan ingin membuat kesan dalam masa subur. "Jika mengkhawatirkan hal ini, jangan berbelanja pada saat mencapai fase luteal," pungkasnya.
sumber http://www.inilah.com/news/read/politik/2009/04/01/95349/kenapa-perempuan-suka-belanja/

lintasberita
 

Follow My Instagram

@ahmadyusri